Foto Tenaga Pendidik dan Kependidikan SDN 027 Tarakan
Nama : I r n a s
NIP : 198207072008012027
Jabatan
: Guru Kelas VI a
Masa
Kerja : 6 Tahun 4 Bulan
DESKRIPSI SINGKAT untuk ISKANDAR MUDA S.Pd.
KEPALA
SEKOLAH SDN 027 TARAKAN
TAHUN
PEMBELAJARAN 2010/ 2011
Iskandar
Muda, S.Pd. menjabat kepala sekolah di SDN 027 Tarakan sejak bulan April tahun 2010.
Sejak saat itu, berbagai inovasi telah beliau laksanakan. Pada awal
kepemimpinan beliau melakukan inovasi dengan pengadaan (pembelian) Al-Qur’an dan
pakaian seragam muslim (warna putih) bagi dewan guru untuk dikenakan pada hari
Jum’at, karena setiap hari Jum’at
diadakan pengajian rutin untuk dewan guru. Bukan hanya dewan guru yang
berpakaian muslim pada hari Jum’at akan tetapi seluruh siswa juga dihimbau
untuk berpakaian muslim warna Putih
(dewan guru dan peserta didik pada SDN 027 Tarakan semua beragama
Islam), hal ini dimaksudkan agar guru dan siswa dapat terbiasa menggunakan
pakaian sesuai dengan syariat agama
islam. Selain itu, sebelum Dinas Pendidikan dan BAZ kota Tarakan mencanangkan Gerakan
Infak Seribu Sebulan (GISS), bapak Iskandar Muda, S.Pd. telah lebih dahulu
melaksanakan program infak di SDN 027 Tarakan, yang dimaksudkan supaya
anak-anak terbiasa berinfak dan bersedekah dengan harapan kelak mereka menjadi
anak yang dermawan dan perduli pada sesama. Infak yang terkumpul, sebagian
digunakan untuk membeli dan menyediakan air mineral untuk siswa, karena tidak
semua siswa SDN 027 membawa uang saku, sehingga kalau kehausan mereka dapat
meminum air mineral yang telah disediakan. Sebagian lagi digunakan untuk membeli
pakaian seragam sekolah dan perlengkapan lainnya untuk diserahkan kepada siswa
yang benar-benar tidak mampu dan membutuhkan.
Dalam
hal pengelolan keuangan sekolah, tak perlu diragukan lagi karena sangat
transparan, semua guru dilibatkan dalam penyusunan RKAS dan pengelolaannya diserahkan
sepenuhnya kepada bendahara sekolah dan laporan keuangan senantiasa ditempelkan
di papan pengumuman sehingga dapat dilihat oleh seluruh warga sekolah maupun
masyarakat selaku orang tua/wali siswa. Untuk menjaga kelancaran koordinasi
antara sesama warga sekolah beliau selalu mengadakan pertemuan-pertemuan
(rapat) untuk menampung, membahas, dan menyelesaikan atau memecahakan semua
keluhan, saran dan kritik yang ada di tubuh SDN 027 Tarakan.
Satu
hal lagi yang dilakukan oleh Iskandar Muda, S.Pd. yang mennurut saya sangat inovatif
adalah pembentukan koperasi simpan pinjam sekolah. Ini dimaksudkan untuk
memberi kemudahan bagi guru yang membutuhkan uang, karena dapat dengan mudah
memperoleh pinjaman dari koperasi sekolah.
Diatas
telah saya paparkan inovasi Iskandar Muda S.Pd. dalam bidang spiritual. Untuk bidang
intelektual beliau juga melakukan perubahan, jika sebelumnya yang remedial hanya kelas VI, maka sekarang remedial mulai
dari kelas I sampai dengan kelas VI. Bukan itu saja, khusus untuk kelas VI pada tahun pembelajaran 2010-2011 yang lalu, beliau
bahkan mengadakan bimbingan langsung secara sukarela kepada anak-anak yang
masih ingin belajar diluar jam sekolah dan remedial. Untuk sarana dan prasarana sekolah yang telah beliau
lakukan diantaranya penimbuhan lahan, pembuatan tempat parkir dan lapangan
volley, dimana biayanya tidak sepenuhnya dari sekolah tetapi beliau menggalang
masyarakat (pemberdayaan masyarakat) untuk turut andil dalam pembuatan sarana
dan prasarana tersebut, serta menanamkan jiwa kewirausahaan kepada siswa,
sebagai contoh : pemanfaatan lahan yang sempit. Beliau membuat kolam lele dan
warung hidup (polly bag dan karung bekas), ini dimaksudkan agar para siswa bisa
hmelihat langsung contoh nyata bahwa lahan yang sempitpun dapat dimanfaatkan
untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara yang cukup sederhana namun
memberikan manfaat yang sangat besar.
Dua
tahun satu bulan sudah bapak Iskandar Muda, S.Pd. bertugas sebagai kepala
sekolah di SDN 027 Tarakan. Inovasi – inovasi yang telah dilakukan pada tahun
pertama baliau di SDN 027 Tarakan
seperti : Berpakain muslim dan pengajian setiap jum’at, infak guru dan
siswa, ketransparanan dalam pengelolaan keuangan, pembinaan spiritual dan akademik siswa, dll; masih
berlangsung hingga saat ini. Hal ini menunjukkan kekonsistenan beliau dalam
rangka mewujudkan Visi dan Misi yang ingin beliau capai di sekolah ini.
Konsisten,
disiplin,sabar, giat, dan tekun
serta santun , itulah kepribadian
yang beliau tunjukkan selama 2 tahun lebih bertugas di SDN 027 Tarakan ini.
Setelah melekukan inovasi-inovasi di tahun pertama, maka di tahun kedua ini,
beliau juga mengadakan peningkatan pembianaan spiritual dan akademik bagi
siswa, seperti : mengadakan pengayaan untuk pembinaan persiapan Olimpiade IPA
dan matematika. Serta mengadakan pembinaan pelaksanaan sholat untuk kelas V dan VI. Hal ini
dimaksudkan untuk membina siswa agar
mampu melaksanakan ibadah sholat dengan baik dan benar. Sehingga diharapkan
kelak siswa-siswi SDN 027 Tarakan tumbuh menjadi insan – insan yang cerdas, dan
kompetitif yang berdasarkan Iman dan taqwa terhadap Allah swt.
Selain
itu, untuk meningkatkan keprofesionalan guru di SDN 027 Tarakan, setiap hari
sabtu diadakan pertemuan KKG sekolah untuk membahas materi – materi yang
diajarkan di kelas (
membahas kesulitan yang dialami oleh guru-guru dalam kegiatan belajar mengajar
) dan berbagi strategi dan trik-trik dalam mengajarkan suatu materi.
Namun
, tak ada gading yang tak retak. Demikian pula beliau, walau di atas telah saya
paparkan beberapa kelebihan beliau, beliau juga masihlah manusia biasa yang tak
luput dari kekurangan. Di mata saya salah satu kekurangan beliau adalah masihmerasa sungkan beliau untuk menindak tegas atau menegur guru-guru
( terutama guru senior) di SDN 027 Tarakan
jika ada kekurangan yang dilakukan oleh guru-guru di SDN 027 Tarakan.
Hal ini menyebabkan penanganan / perbaikan tersebut agak sedikit
terlambat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar